Bystander dalam Bullying (1)

05.17




           

Kekerasan di sekolah kadang-kadang terdiri atas kekerasan yang dilakukan sekelompok siswa yang mengambil keuntungan atau mengisolasikan seorang siswa secara khusus untuk mendapatkan dukungan dari bystanders (saksi mata, orang yang berdiri di dekat kejadian), dan siapa yang menolak akan menjadi korban berikutnya.
Saksi mata (bystander) yang menyaksikan perilaku bullying terbagi menjadi 3 kategori, yaitu  reinforcers (memberikan dukungan untuk pelaku atau bahkan ikut membully korban), outsider (tidak terlibat dengan bullying atau cuek saja), dan defenders atau pembela ( membantu atau memberikan dukungan kepada korban). 
Pada peristiwa bullying yang sering terjadi di sekolah, bystander juga terkena dampak. Sebagian besar siswa yang menjadi bystander tidak suka dengan adanya peristiwa bullying. Siswa yang mengamati bullying (kategori outsiders dan reinforcers) melaporkan dirinya merasa tak berdaya, gelisah, dan tertekan. Mereka sering merasa bersalah karena tidak mampu membantu korban, kesal terhadap diri mereka sendiri dan menggertak, dan merasa ketakutan akan menjadi target bullying selanjutnya. Ada pula siswa yang menjadi bystander (kategori defenders) merasa dirinya terdorong untuk membantu korban bullying dan ingin menghukum pelaku bullying.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Subscribe